Rabu, Desember 03, 2008

Fascilitis Plantaris (Nyeri Telapak Kaki)

Fasciitis Plantaris adalah suatu penyakit akibat radang pada jaringan lunak yang terdapat di bawah tulang-tulang kaki di daerah telapak kaki. Radang ini dapat terjadi akibat adanya iritasi kronis dan dalam jangka waktu lama terhadap jaringan telapak kaki tersebut, biasanya dirasakan pada waktu berdiri.


Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya Fasciitis Plantaris adalah sebagai berikut:

- Pergerakkan kaki yang cepat dan berlebihan (banyak berjalan, berlari, jalan tergesa-gesa).

- Sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman digunakan.

- Berat badan yang berlebihan.

- Kelainan pada telapak kaki seperti terjadinya perkapuran pada tulang tumit atau telapak kaki yang rata/ flat foot (dimana tidak terdapatnya lekukan pada bagian sebelah dalam telapak kaki).

Untuk memastikan adanya perkapuran pada tulang tumit dapat dilakukan foto roentgen pada kaki, akan tampak ‘calcaneus spur’.

Penatalaksanaan Fasciitis Plantaris adalah:

1. Hilangkan faktor-faktor penyebab:

- Jika berat badan berlebih, berusaha melakukan diet yang baik dan seimbang disertai olahraga secara teratur.

- Hilangi kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa, berjalanlah dengan santai, rileks dan dengan langkah yang seimbang.

- Saat hendak membeli sepatu atau sandal biasakan selalu dicoba terlebih dahulu agar sepatu/ sandal tersebut terasa nyaman dan enak saat dipakai, selain model yang up to date tentunya.

2. Fisioterapi:

- Untuk mengurangi proses radang dan nyeri dapat diberikan diatermi berupa SWD ataupun USD pada telapak kaki tersebut.

3. Sepatu koreksi:

- Pemberian ‘Heel Cap’ pada daerah tumit untuk kasus perkapuran pada tulang tumit.

- Pemberian ‘Medial Weidge’ untuk kasus kaki rata/ flat foot.

4. Advis:

- Kontras Bath (dengan merendam kaki pada air hangat dan dingin secara bergantian) dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.

- Biasakan tidak telanjang kaki dan selalu memakai sandal dengan sol/ alas yang lunak atau berbahan karet lembut.

- Saat bangun tidur pagi biasakan mengosok-gosokkan kedua telapak kaki sehingga terasa hangat terlebih dahulu baru kemudian menginjakkan kaki ke lantai.

- Jika berjalan jauh diusahakan agar beristirahat sejenak, jangan dipaksakan untuk berjalan terus jika kaki sudah letih dan timbul rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar