Minggu, Februari 08, 2009

Bagaimana Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida Secara Alami?

Menurunkan kolesterol dan trigliserida secara alamiah itu mudah yang sulit adalah bagaimana anda konsisten terhadap gaya hidup yang sehat. Perubahan gaya hidup yang sehat dan diet makanan yang benar dapat menurunkan kolesterol dan trigliseride secara alamaiah yang dapat menyelamatkan hidup dan kesehatan anda.


Kolesterol
Kolesterol secara alamiah diproduksi oleh tubuh sendiri sekitar 80% dan 20% dari asupan makanan. Kolesterol berguna untuk membuat sel sel yang sehat, vitamin D, insulasi saraf dan hormon essensial. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan atherosclerosis, timbunan plak di dalam arteri. Plak menyempitkan dinding pembuluh darah menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah ke jantung dan otak, kolesterol yang tinggi merupakan faktor resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Untuk menurunkan semua resiko secara keseluruhan profil lemak harus pada nilai sebagai berikut: Total kolesterol <150mg/dl, low density lipoprotein (LDL)/kolesterol jahat <130mg/dl, high density lipoprotein (HDL)/kolesterol baik >40mg/dl, rasio LDL/HDL harus di bawah atau sama dengan 3:1 dan trigliserida <150mg/dl.
Anda bisa secara aman menurunkan kolesterol secara alamiah dengan cara yang mudah dan murah.
1. Berolah-ragalah minimal 30 menit per hari, olah raga meningkatkan kolesterol baik HDL, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan secara alamiah menurunkan kadar kolesterol total.
2. Konsumsi serat makanan, tambahkan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran segar,kacang-kacangan,padi-padian utuh, atau suplemen serat ke dalam diet sehari-hari. Serat larut dari kacang-kacangan dan padi-padian berikatan dengan kolesterol dan membawanya ke luar tubuh. Buah dan sayuran berwarna cerah juga mengandung phytonutrient antioksidan yang berguna menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Hindarilah makanan olahan dan ganti dengan makan yang segar.
3. Makanlah lemak baik dan kurangi lemak buruk, kurangi lemak hewan terutama dari produks susu dan daging merah, gunakanlah virgin olive oil dan ikan berminyak sebagai sumber lemak sehari hari. Minyak ikan yang mengandung omega-3 bukan hanya memperbaiki kolesterol tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Untuk lebih praktis bisa mengkonsumsi food suplement yang mengandung omega 3,omega 6 dan omega 9.

Trigliserida
Selain kadar kolesterol yang tinggi perlu menjadi perhatian kita adalah kadar trigliserida yang tinggi,para peneliti menemukan bahwa kadar trigliserida yang tinggi juga merupakan indikator paling bermakna terjadinya stroke dan penyakit jantung, berapapun kadar kolesterolnya. Kadar trigliserida di atas 200mg/dl dianggap tinggi dan menimbulkan resiko serius. Bahkan kadar 150mg/dl sampai dengan 199mg/dl sudah dianggap batas tinggi.
Trigliserida adalah sejenis lemak, kita mengira bahwa dengan diet rendah lemak akan menurunkan kadar trigliserida,ternyata tidak sepenuhnya benar. Penyebab utama adalah konsumsi gula yang berlebihan. Oleh karena itu makanan paling penting yang harus dihindari adalah karbohidrat yang mempunyai nilai glikemik yang tinggi, nilai glikemik adalah seberapa besar karbohidrat yang dapat diubah menjadi gula.
Menurunkan kadar trigliserida itu sangat penting karena menurut study terkini yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa jika kadar trigliserida tinggi beresiko dua sampai tiga kali lebih tinggi menderita penyakit jantung dan stroke meskipun kadar kolesterol totalnya rendah, obat-obatan untuk menurunkan kadar trigliserida mempunyai efek samping yang serius. Menurut American Heart Association menganjurkan obat hanya dipertimbangkan sesudah tatalaksana diet secara alamiah menemui kegagalan dan harus ketat di bawah supervisi dokter.
Untuk diet menurunkan kadar trigliserida mulailah dengan :
-Perbanyak makanan tinggi protein tak berlemak
-Ganti karbohidrat dengan nilai glikemik tinggi dengan karbohidrat berglikemik rendah.
-Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung serat tinggi.
-Ganti konsumsi lemak jenuh dan trans dengan lemak yang baik.
-Turunkan total lemak makanan sampai 20%-30% dari kalori.
-Kurangi intake kalori untuk menurunkan berat badan dan pertahankan berat badan yang ideal.
-Berolah raga minimal 30 menit per hari.
-Hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

disarikan dari tabloid Aura edisi 03/th XIII

1 komentar:

  1. [...]Low Cholesterol Foods. When you first learned that your cholesterol level is too high, you might start to imagine the illnesses you will have to suffer if you cannot reduce the cholesterol level in your blood[...]

    BalasHapus