Jumat, Februari 06, 2009

Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Migrain biasanya mulai terjadi pada usia pubertas dan jarang terjadi setelah usia 40 tahun. Migrain mempunyai variabel serangan yang bervariasi tapi biasanya 1-2 kali per bulan. Beberapa migrain mempunyai keluhan sakit kepala 3-4 kali setahun . Pada beberapa wanita dilaporkan keluhan migrain biasanya dihubungkan dengan menstruasi.

Gejala yang sering timbul pada migrain adalah : sakit kepala sebelah sekitar 60% dari penderita,kehilangan penglihatan dan sensoris(rasa),tidak nafsu makan mual dan muntah,takut terhadap sinar (photophobia),takut bunyi-bunyian (Phonophobia) dan terjadi perubahan mood.


Fase-fase komplit yang dapat terjadi pada serangan migraine adalah :
1.Prodromal : pada fase ini dapat terjadi beberapa jam sampai beberapa hari dan terdapat perubahan mood , tingkah laku , nafsu makan dan kognitif .
2.Aura : dapat terjadi dalam 1 jam sakit kepala dan sering terdapat gangguan penglihatan dan sensoris.
3.Sakit kepala : Sakit kepala sering terjadi sebelah dan berdenyut
4.Sakit kepala terminasi
5.Postdromal : sesudah fase sakit kepala terminasi , serangan komplit migraine telah selesai .
Sekitar 35% migrain disertai dengan aura . Tipe sakit kepala jenis ini disebut klasik migrain. Sedangkan migrain yang terjadi tanpa aura adalah migrain yang sering terjadi.
Lama sakit kepala biasanya 4-72 jam . Selama sakit kepala aktifitas sehari-hari dapat terganggu . Visual aura sering terjadi termasuk di dalamnya photophobia, sinar flashing dan Sensory aura adalah keluhan yang berikutnya sering terjadi seperti baal atau kesemutan pada kaki. Kelemahan otot dan sulit bicara ( aphasia ) jarang terjadi .
Beberapa makanan dapat mengakibatkan migraine . Pada beberapa orang yang mempunyai riwayat mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, yang dapat dihubungkan dengan meningkatnya frekuensi migraine adalah anggur merah.
Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :
1.Makanan yang banyak mengandung Thyramine ( keju , anggur merah )
2.Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG)
3.Makanan yang mengandung Nitrat ( bologna,salami,smoked meat )
4.Makanan yang difermentasi
5.Alkohol
6.Caffeinated ( softdrink,teh,kopi )

Untuk mengurangi dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan istirahat , tetapi apabila sakit tidak berkurang segera hubungi Dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar